Mengapa Kalsium Sangat Baik untuk Wanita?Baca 5 Alasannya

Bagikan :

kalsium, manfaat kalsium untuk wanita
Mengapa Kalsium Sangat Baik untuk Wanita?Baca 5 AlasannyaKalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia, dan ditemukan dalam jumlah paling banyak pada gigi dan tulang. Mineral ini diperlukan agar otot, saraf, ginjal, dan jantung Anda dapat berfungsi dengan baik. Sering dikatakan, bahwa wanita harus mengkonsumsi makanan yang memiliki tingkat tinggi kalsium, karena membantu tulang mereka lebih kuat. Jumlah ideal asupan kalsium yang dianjurkan sesuai penelitian, telah meningkat dari 800 mg ke 1000 mg atau 1200 mg per hari dalam beberapa tahun terakhir. Tulisanwanita.com menuliskan 5 alasan mengapa wanita membutuhkan lebih banyak kalsium daripada pria.

1. Untuk melawan osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit tulang yang meningkatkan kemungkinan rentan patah tulang. Ini adalah salah satu penyakit yang paling umum dihadapi perempuan, seiring bertambahnya usia. Pada penyakit tertentu, kepadatan mineral tulang semakin berkurang, sehingga mempengaruhi desain struktural seluruh tulang. Osteoporosis umumnya terjadi pada wanita setelah masa menopause, karena itulah selalu disarankan banyak mengkonsumsi kalsium di umur 20-an mampu meningkatkan pembangunan jaringan tulang, dan mengkonsumsi kalsium di umur 30-an mampu menjaga tulang kuat hingga usia lanjut. Keluarga kedelai seperti edamame, kedelai putih, kedelai hijau dan hitam merupakan sumber kalsium yang tinggi. Produk olahan kedelai juga sangat kaya kalsium, seperti tempe, tahu, susu kedelai, dan kecap.

2. Untuk tulang yang kuat
Seperti disebutkan sebelumnya, kalsium terutama disimpan pada tulang, yang membantu untuk menjaga agar tetap kuat. Jika tubuh memerlukan lebih banyak kalsium dalam darah, maka otomatis menyesuaikan dengan mengambilnya dari tulang. Jika pasokan kalsium dalam tulang tidak mencukupi, maka ada kemungkinan besar menjadi rapuh. Sangat penting memberikan jumlah tepat kalsium untuk tulang Anda setiap hari, sehingga tidak rentan terhadap gangguan terkait tulang. Jangan lupa selalu mengontrol tingkat kalsium Anda sejak usia muda.

3. Selama kehamilan
Selama kehamilan, wajib untuk berhati-hati dan memperhatikan pola makan. Kalsium harus menjadi bagian dari makanan sehari-hari Anda. Tidak hanya untuk wanita hamil, tapi janin di dalamnya juga membutuhkan jumlah kalsium yang tepat untuk perkembangan tulang, dan pertumbuhan secara keseluruhan. Tidak hanya itu, bayi di dalam rahim membutuhkan kalsium untuk memiliki jantung yang sehat dan berdetak normal, berfungsinya saraf, dan memberikan kekuatan otot. Jika bayi Anda tidak mendapatkan jumlah kalsium yang baik, maka kemungkinan mendapatkannya dari tulang Anda, yang mungkin berbahaya bagi Anda di masa depan.

4. Untuk meningkatkan tingkat estrogen
Estrogen adalah hormon seks utama wanita, yang mulai menipis terutama setelah menopause. Ini juga merupakan faktor kunci yang mempengaruhi kesehatan tulang, pada pria maupun wanita. Oleh karena itu, kalsium menjadi sangat penting untuk menjaga tingkat estrogen utuh dalam tubuh wanita. Dikatakan bahwa kepadatan tulang pada wanita menurun sebesar 20% setelah 7 tahun menopause. Oleh karena itu, disarankan untuk mengambil jumlah yang cukup kalsium dan vitamin untuk menghindari risiko osteoporosis, dan penyakit tulang lainnya yang terkait.

5. Sangat baik bagi atlet wanita
Atlet perempuan diharuskan memiliki asupan kalsium yang cukup dalam diet sehari-hari mereka. Ada banyak atlet wanita, yang menderita kondisi yang disebut ‘Female Athlete Triad’. Kondisi ini sering ditengarai karena rendahnya kadar kalsium dalam tubuh. Female Athlete Triad datang dengan gangguan makan, ketidakteraturan menstruasi, dan osteoporosis, yang menjadi ancaman bagi karir banyak atlet perempuan. Kondisi ini lazimnya karena pembatasan diet dan sesi pelatihan yang berlebihan.


Kalsium dapat ditemukan melimpah dalam makanan seperti susu, keju, yogurt, krim, bayam, brokoli, sawi bokcoy, selada air, seledri, okra, sereal, kacang kedelai, almond, kacang-kacangan, rumput laut, dan biji rami. Sertakan semua daftar makanan diatas dalam makanan sehari-hari Anda, agar tetap sehat dan bugar sepanjang usia.

Bagikan :

You may also like...