Mengapa Rajin Olah Raga Membuat Anda Bahagia?

Bagikan :

manfaat olahraga, manfaat olahraga untuk kecantikan, manfaat olahraga bagi wanita, manfaat olahraga menurut para ahli, makalah manfaat olahraga bagi kesehatan, manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohani, manfaat olahraga pagi, manfaat olahraga bagi otak, manfaat olahraga lari
Mengapa Rajin Olah Raga Membuat Anda BahagiaTentu Anda tahu olahraga itu baik untuk menjaga kebugaran. Menjadikan sehat, lebih berstamina, membuat Anda awet muda dan aktif sampai usia tua. Tetapi tahukah Anda bahwa olahraga juga dapat membuat Anda menjadi orang yang lebih bahagia? Itu memang benar. Ketika Anda rutin berolahraga secara teratur dan menerapkan gaya hidup aktif, Anda pasti merasakan stres dan cemas semakin berkurang, umumnya lebih bahagia. Tulisanwanita.com memberikan beberapa alasannya mengapa olahraga membuat Anda bahagia….

1. Melepaskan bahan kimia bahagia ke otak Anda.
Dopamin, adalah zat kimia di dalam tubuh yang diperlukan untuk melepaskan perasaan bahagia. Banyak penelitian menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia, kita mengalami penurunan jumlah dopamin, itulah sebabnya mengapa kita harus bisa mengelola tubuh kita agar bisa terus melepaskan dopamin. Bagaimana cara terbaik untuk meningkatkan produksi dopamin Anda? Ya dengan berolahraga. Jadi, sesibuk apapun aktivitas Anda sempatkan diri berolahraga 2 atau 3 kali seminggu.

2. Mengurangi stres
olahraga teratur akan membantu Anda mengurangi stres dalam jangka panjang. Alasannya adalah, ketika Anda berolahraga, Anda menekan energi stres sampai tingkat terendah dengan cara meningkatkan detak jantung dan memicu ledakan perubahan hormonal. Ketika Anda berolahraga yang cukup, tubuh Anda akhirnya menjadi lebih tahu dalam menangani stres. Bukankah jauh dari stres sama dengan hidup yang lebih bahagia dan lebih sehat?

3. Memberi energi baru
Suatu waktu, kita pasti pernah merasa terlalu lelah untuk berolahraga, karena kesibukan yang terlalu padat. Tapi tidak peduli seberapa lelah di tempat kerja, mengurus keluarga, atau memulihkan diri dari akhir pekan yang sibuk, lakukan olahraga yang ringan. Jadi pada saat Anda memaksa diri untuk berolahraga, kemungkinan besar akan merasa lebih bersemangat dalam menjalani hari. Tentunya, lebih banyak energi sama dengan memiliki kebahagiaan yang lebih besar, kan?

4. Membantu meningkatkan kepercayaan diri
Ketika Anda merasa kurang nyaman dengan penampilan tubuh Anda, maka terkadang ada rasa minder, bukan? Dan itu dapat memiliki efek negatif pada semua bidang kehidupan Anda, termasuk hubungan Anda, karier Anda, tujuan serta aspirasi Anda. Tetapi ketika Anda mulai rutin berolahraga dan melihat perubahan bentuk tubuh Anda, kepercayaan diri Anda akan meningkat. Karena olahraga bukan hanya akan merubah penampilan Anda, tetapi juga akan membuat Anda merasa lebih fit, dan lebih percaya diri.

5. Mengurangi kecemasan
Jika Anda sering mengalami rasa cemas/was-was, olahraga bisa menjadi obat yang sederhana. Karena penelitian terbaru tentang efek olahraga menunjukkan bahwa orang yang menderita kecemasan, berangsur sembuh saat rutin berolahraga 2 kali seminggu. Efek ini sama seperti yang dimiliki oleh meditasi dan terapi bicara. Jadi ketika Anda merasa cemas atau was-was karena memikirkan sesuatu, cobalah berlatih olahraga yang Anda sukai – pasti Anda akan merasa lebih bahagia sepanjang hari.

6. Melawan insomnia
Anda sulit tidur? Jangan biasakan bergantung dengan pil tidur, cobalah berolahraga sebagai gantinya. Tetap aktif dan berolahraga secara teratur telah terbukti memperbaiki masalah tidur penderita insomnia dan orang dengan gangguan tidur. Olahraga teratur tidak hanya dapat memperbaiki kualitas tidur Anda secara signifikan, tetapi juga dapat memberikan Anda semangat di pagi hari untuk melakukan berbagai hal.


Lain kali Anda merasa sedih, stres, atau cemas, cobalah rutin berolahraga. Karena Anda tidak hanya merasa lebih percaya diri, bersemangat, dan tenang – Anda akan menjadi orang yang lebih sehat dan bahagia seumur hidup. Jadi, berolahraga, dan nikmati manfaatnya.

Bagikan :

You may also like...