Perawatan untuk Kulit yang Sensitif

Bagikan :

perawatan kulit, kulit sensitif, perawatan kulit sensitif
Perawatan untuk Kulit yang SensitifMerawat kulit sensitif memang gampang-gampang susah. Tapi kekhawatiran Anda segera sirna jika Anda mengikuti rutinitas yang tepat. Sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesegaran kulit tersebut, karena rentan terhadap banyak kondisi. Artikel berikut menuliskan perawatan yang membantu Anda.

Kulit sensitif memiliki banyak definisi tergantung pada apa yang mengiritasi dan durasi yang dibutuhkan untuk meredakan dan menyembuhkan. Biasanya teksturnya tipis, dan cepat bereaksi terhadap sejumlah faktor lingkungan dan alergen. Maka diperlukan untuk mengidentifikasi jenis kulit. Setelah jelas bahwa seorang individu memiliki kulit sensitif, perawatan kulit yang ditentukan, harus diikuti untuk mengurangi timbulnya iritasi kulit.

Kemerahan, mengelupas, gatal, noda, dll, semua indikasi kulit sensitif. Menurut ahli kulit, juga dapat ditandai dengan jerawat, rosacea, dermatitis kontak, dan sensasi terbakar.

1. Jerawat : Disebabkan oleh kulit berminyak dan tingkat tinggi bakteri yang menyumbat pori-pori.
2. Rosacea : Rosacea adalah suatu kondisi yang ditandai oleh jerawat, kemerahan pada wajah, dan pembuluh darah rusak.
3. Dermatitis Kontak : Alergen dan iritasi yang memiliki efek pada kulit.
4. Sensasi terbakar : Terjadinya sensasi terbakar atau perasaan menyengat yang disebabkan oleh berbagai zat.

Tips Perawatan Kulit
Tidak cukup mudah untuk memutuskan apa jenis perawatan yang sempurna dan memperbaiki semua masalah. Setelah Anda tahu jenis kulit Anda sensitif, maka lebih baik mematuhi resep dan saran dokter kulit untuk menjaga kulit terhindar dari berbagai masalah. Selain itu, Anda dapat mencoba tips berikut :

  • Hidrasi dengan baik. Dehidrasi menyebabkan kulit menjadi kering dan membentang.
  • Hindari pergi keluar di bawah sinar matahari tanpa tabir surya yang ditentukan. Oleskan tabir surya setengah jam sebelum terkena paparan sinar matahari yang berbahaya, dan aplikasikan ulang setiap empat jam.
  • Jika jerawat adalah kondisi kulit yang Anda derita, coba perhatikan apa yang Anda makan. Sertakan banyak buah-buahan segar dan sayuran dalam diet Anda, dan hindari bahan makanan berminyak.
  • Hindari sering membersihkan. Terlalu banyak mencuci dan menggosok kulit akan menguras kelembaban alami dan menciptakan ketidakseimbangan dalam keseimbangan pH alami kulit.
  • Hindari perawatan kulit yang melibatkan penggunaan bahan kimia, bedah kosmetik, atau teknologi laser.
  • Jika masalahnya adalah dermatitis kontak, hindari produk kosmetik dan perlengkapan yang mungkin mengandung bahan-bahan yang akan menyebabkan reaksi alergi. Kadang-kadang, sekalipun produk organik memiliki potensi untuk menimbulkan dermatitis kontak atau sensasi terbakar seperti perasaan menyengat karena dapat mengandung alergi disebabkan minyak esensial dan wewangian.
  • Parfum harus benar-benar dihindari, karena bukan hanya mengandung minyak esensial dan wewangian, tetapi juga bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit.
  • Deterjen, pengharum ruangan, atau pembersih rumah tangga lainnya semua bisa menambah sensitivitas kulit.
  • Ikuti rutinitas yang ditentukan yang mencakup pembersihan, toning, eksfoliasi (jika diresepkan), dan melembabkan untuk mencegah kulit dari pengeringan atau mengelupas.
  • Selalu gunakan kosmetik hipo-alergi yang biasanya dianjurkan untuk orang dengan kulit sensitif.
  • Ada banyak produk yang dapat membantu menenangkan, menyembuhkan, dan mengobati masalah yang berulang. Pastikan yang Anda pilih paling cocok dengan jenis kulit dan masalah Anda.

Sebaiknya, sebelum menggunakan produk apapun pada kulit Anda, selalu lakukan tes pada permukaan kulit untuk mengujinya, untuk menghindari memburuknya kondisi kulit.


Loading...
Bagikan :

You may also like...