Mengapa Pikiran Santai Justru Lebih Produktif? Baca 7 Alasannya…

Bagikan :

pikiran santai, pikiran santai lebih produktif
Mengapa Pikiran Santai Justru Lebih Produktif? Baca 7 Alasannya…Stres akibat banyak tekanan saat bekerja, masalah pribadi, dan memiliki pikiran-pikiran ruwet adalah alasan umum yang menyebabkan kurangnya produktivitas. Pikiran dalam keadaan tenang dan santai ibaratnya seperti papan tulis yang masih bersih, siap menerima tulisan-tulisan baru. Pikiran santai dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda jauh lebih efektif dibandingkan dengan saat Anda tegang dan stres. Tulisanwanita.com menjelaskan mengapa pikiran santai mengarahkan Anda ke produktivitas yang lebih baik.

1. Siap menangkap ide-ide cemerlang
Anda mungkin memiliki kesempatan lebih baik untuk mendapatkan ide-ide bagus ketika Anda memiliki pikiran yang santai. Ide-ide yang kreatif sangat penting untuk meningkatkan produktivitas apapun. Jika Anda stres dan sulit mendapatkan ide-ide baru, Anda mungkin merasa kurang termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, yang pada akhirnya dapat menurunkan produktivitas Anda. Ingat, pikiran santai selalu lebih terbuka menerima aliran ide-ide yang bervariasi dan kreatif.

2. Menjaga standar kualitas yang baik
Produktivitas bukan hanya diartikan bahwa Anda berhasil menyelesaikan banyak pekerjaan dalam sehari. Kualitas itu memang sama pentingnya. Tidak ada gunanya bekerja keras mati-matian bila pada akhirnya akan ditolak oleh klien atau atasan. Ketika pikiran Anda tidak dikacaukan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat, Anda bukan hanya bisa memberikan hasil kerja yang berkualitas tetapi juga berfungsi lebih efisien, sehingga meningkatkan produktivitas.

3. Kemampuan untuk berpikir secara obyektif
Bisakah Anda berpikir obyektif saat sedang stres? Dapatkah pikiran ruwet mencari solusi dari kesalahan-kesalahan dengan mudah? Jika pikiran Anda frustrasi atau cemas, Anda tentu kesulitan berpikir obyektif, mencari ide alternatif yang lebih baik, atau bahkan mengoreksi pekerjaan Anda sendiri. Semua ini dapat menyebabkan penurunan efisiensi Anda. Anda dapat berpikir lebih obyektif hanya dengan memiliki pikiran yang santai.

4. Jauh lebih fokus dan mudah berkonsentrasi
Tahukah Anda, ketika Anda santai tingkat konsentrasi Anda bisa jauh lebih tinggi daripada ketika saat tegang? Ketika Anda stres, Anda cenderung menciptakan tekanan yang tidak perlu pada diri Anda untuk melakukan sesuatu. Bila Anda terbiasa dalam mengkondisikan pikiran santai, kecemasan akan berkurang dengan sendirinya, jelas hal itu membuat Anda sangat produktif dan bersemangat dalam mengerjakan apapun.

5. Memiliki kemampuan untuk menemukan solusi
Kadang-kadang semua jawaban dari setiap masalah sebenarnya sudah ada di dalam diri Anda, tetapi Anda mungkin begitu gugup sehingga menghambat pikiran jernih. Jika Anda santai dan mau bersabar, Anda bisa berpikir dengan pikiran yang jernih dan sangat mampu memecahkan masalah dengan mudah. Selalu memiliki kapasitas dalam menemukan solusi, tentu mudah dalam meningkatkan produktivitas.

6. Peningkatan kecepatan
Kecepatan dan produktivitas dikenal memiliki hubungan langsung. Semakin cepat Anda melakukan pekerjaan Anda, maka Anda semakin produktif. Bila Anda memiliki pikiran yang santai, otomatis tingkat fokus Anda cenderung tinggi dan dapat menyelesaikan pekerjaan Anda dengan hasil yang optimal. Tetapi ketika Anda dibebani kekhawatiran, pikiran-pikiran lain akan datang mengganggu kemampuan otak Anda untuk menjadi produktif, sehingga dapat memperlambat kinerja Anda secara signifikan.

7. Kemampuan dalam membuat keputusan yang lebih baik
Pikiran yang tenang dan rileks memungkinkan Anda mampu berpikir jernih dengan perspektif yang jelas ketika sedang mengambil keputusan. Hal ini membuat proses pengambilan keputusan bebas dari tekanan, bias, dan tak terpengaruh dengan pemikiran-pemikiran kurang memberdayakan lainnya. Pengambilan keputusan tepat jauh lebih efisien dalam mengurangi kemungkinan Anda membuat kesalahan. Semua ini mengarahkan Anda pada peningkatan produktivitas secara keseluruhan.


Loading...
Bagikan :

You may also like...