Orangtua Harus Tahu 18 Tanda Depresi ini Pada Anak

Bagikan :

depresi, depresi pada anak, tanda anak depresi
Orangtua Harus Tahu 18 Tanda Depresi ini Pada AnakKata ‘masa kanak-kanak’ seharusnya mewakili perasaan gembira, canda tawa, masa bermain, dan rasa tidak bersalah. Oleh karena itu, tampak sulit dipercaya bahwa anak-anak juga bisa merasa tertekan. Tapi itu memang kenyataan yang Anda butuhkan untuk mengantisipasinya. Seorang anak yang tertekan sangat membutuhkan bantuan, dan dia tidak tahu bagaimana untuk meminta pertolongan. Jadi semua kembali kepada orang tua, guru, dan pengasuh untuk mengenali tanda-tanda depresi pada anak-anak sedini mungkin. Sehingga dapat segera menyediakan bantuan dan bimbingan yang tepat. Tulisanwanita.com menuliskan 18 tanda-tanda yang mungkin menunjukkan bahwa anak Anda sedang tertekan.

1. Anak Anda merasa sedih dan murung di sebagian besar waktunya, dan sering pula tanpa alasan yang tidak bisa dia jelaskan.
2. Anak Anda mengalami dorongan kuat untuk menangis tanpa alasan langsung.
3. Dia lebih suka menyendiri di kamar dan mencoba untuk mengisolasi dirinya dari teman-teman dekat dan keluarga.
4. Dia mudah sekali tersinggung dan marah sebagian besar waktu, sering tanpa alasan atau penjelasan.
5. Anda menemukan perubahan dalam pola tidur dan kebiasaannya. Hal ini bisa dikenali dengan mereka mulai terlalu banyak tidur atau terlalu sedikit.
6. Anda menemukan perubahan dalam pola makan dan kebiasaannya. Entah mereka mulai melahap segala sesuatu yang mereka lihat di meja makan, atau sebaliknya tidak memiliki nafsu makan sama sekali.
7. Anak Anda menemukan sangat sulit untuk menerima teguran atau kritik, meskipun disampaikan dengan cara halus.
8. Anda menyadari bahwa anak Anda sering mengeluh sakit perut, sakit kepala dan sejenisnya.
9. Anda berusaha keras untuk membujuk dia agar mau berpartisipasi dalam kegiatan atau hal-hal yang dia nikmati sebelumnya. Akhir-akhir ini dia malas sekali mengikuti kegiatan apapun.
10. Anak Anda merasa lelah hampir sepanjang waktu.
11. Anda menyadari bahwa rentang perhatian anak Anda telah terpengaruh, dan dia memiliki kesulitan berkonsentrasi pada hal-hal dan kegiatan sehari-harinya meskipun ia sebelumnya sangat antusias.
12. Tatapan matanya kosong, dia menghabiskan waktunya untuk melamun, padahal sebelumnya dia adalah anak periang.
13. Nilai-nilai mata pelajaran anak Anda merosot tajam, dan gurunya mulai menegur Anda tentang prestasinya di kelas yang terus menurun drastis.
14. Dia mencoba untuk mendapatkan perhatian Anda dengan bertindak destruktif dan terlibat dalam perkelahian dengan teman-temannya.
15. Anda menyadari bahwa anak Anda seperti membawa beban rasa bersalah tentang apa saja dan segala sesuatu.
16. Anak Anda sering mengeluh bahwa ia merasa ‘bosan’.
17. Dia mengancam Anda dengan upaya melarikan diri dari rumah.
18. Dia sering berbicara tentang bunuh diri atau kematian. Anda harus segera mencari nasehat profesional untuk anak Anda jika dia mulai terobsesi dengan pikiran tentang kematian dan sekarat.

Jika anak Anda mengalami depresi dan menunjukkan tanda-tanda seperti diatas, maka saatnya untuk mendapatkan bantuan medis secepatnya. Jangan menunda lebih lama dan bertindaklah cepat. Selalu berada disamping putra/putri Anda dan ingatkan dia betapa Anda sangat mencintainya!

Bagikan :

You may also like...