6 Tanda Kamu Sebenarnya Sedang Kesepian dan Butuh Dukungan

tanda-tanda kesepian. merasa kesepian, hidup kesepian

Keberadaan dukungan dari orang-orang terdekat adalah hal yang paling penting dan dibutuhkan. Bagaimana tidak? Dengan adanya dukungan yang kamu miliki, kondisi psikologi kamu akan menjadi lebih baik dan efeknya, kamu tidak akan mudah merasa terpuruk dalam hidup.


Namun, ada beberapa kondisi yang menunjukkan bahwa kamu sedang merasa kesepian dan sangat membutuhkan dukungan. Kondisi seperti ini jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan penyakit mental yang berbahaya. Nah, berikut ini enam tanda bahwa kamu sedang kesepian dan butuh dukungan di sisimu.

1. Kamu memilih tidur berlama-lama
Tidur merupakan waktu untuk mengistirahatkan tubuh dari padatnya aktivitas yang kamu lakukan. Umumnya waktu tidur yang baik adalah 5-8 jam perhari. Berbeda halnya jika kamu tertidur lebih dari 8 jam bahkan sampai pada waktu 12 jam tidur. Hal itu selain membahayakan tubuhmu juga menunjukkan tanda bahwa kamu sedang kesepian.


Adanya masalahnya yang dihadapi dan tidak adanya semangat hidup membuat dirimu merasa tertekan. Tertekannya diri dalam waktu yang lama dan tidak bisa dikeluarkan dapat membuatmu kian stres sepanjang hari.


Memilih tidur adalah solusi yang baik saat tidak adanya dukungan dari pihak lain. Dengan tidur, berbagai rasa dalam diri bisa hilang seketika. Oleh sebab itu, mereka yang merasa kesepian akan senang sekali tertidur dalam waktu yang sangat lama.

2. Mood nggak stabil dan mudah berubah dalam waktu cepat
Senang, bahagia, marah dan sedih adalah perasaan hati yang wajar dirasakan. Namun, jika suasana hatimu sering berubah-ubah dalam waktu yang cepat sebaiknya kamu intropeksi diri.


Perubahan suasana hati yang tidak menentu menandakan bahwa mentalmu sedang terganggu. Kamu akan mudah marah pada hal-hal kecil dan merasa bahagia pada hal yang kecil juga. Kondisi seperti ini memerlukan kekuatan diri agar rasa tertekan mental yang dirasakan dapat dikeluarkan dengan baik.



Baca juga -  6 Manfaat Positif Social Media Detox Bagi Kehidupanmu


Jika tidak ditangani, lambat laun akan semakin menyiksa. Dukungan dari orang terdekat pun perlu dilakukan sesering mungkin agar pemulihan mental bisa lebih cepat.

3. Menghamburkan uang
Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk melampiaskan rasa sepinya, salah satunya dengan bersikap hedon. Kamu mungkin pernah merasakan di posisi seperti ini.


Satu waktu, kamu bisa mengeluarkan uang berapa pun yang kamu miliki hanya untuk memuaskan dirimu. Meski awalnya kamu berpikir bahwa cara ini adalah bentuk kamu menyayangi dan menghargai diri sendiri, nyatanya tidak begitu.


Menghamburkan banyak uang tanpa berpikir panjang dan hanya memikirkan dirinya senang adalah bentuk dan tanda bahwa kamu sedang merasa kesepian. Tidak adanya orang lain yang menemanimu membuat dirimu sendiri harus bertindak agar rasa sepimu hilang, yakni dengan menghamburkan uang dan bersikap hedon.

4. Melampiaskan dengan banyak makan
Makan merupakan hal yang paling menyenangkan, bukan? Namun, berbeda halnya jika kamu makan terlalu banyak dan dalam waktu yang sering. Selain akan membuat berat badan naik, makan terlalu banyak juga tanda kamu sedang stres dalam hidup.


Kamu akan melampiaskan semuanya pada makan dan makan. Tidak hanya kesepian saja, makan dalam jumlah yang sangat banyak juga menunjukkan kamu butuh pendengar akan semua masalah yang sedang kamu alami.

5. Menghabiskan berjam-jam di media sosial
Media sosial tak semuanya buruk, apalagi digunakan dalam batas wajar. Seringkali media sosial digunakan sebagai tempat pelarian saat seseorang sedang tak bahagia di kehidupan nyata.

Pasti kamu pernah mengalami, deh. Kamu sibuk nge-dm teman, bikin instastory galau, atau berkomentar lewat postingan sampai tak sadar sudah berjam-jam menatap layar ponsel. Menghabiskan banyak waktu bersosial media bisa mengindikasikan seseorang sedang kesepian dan membutuhkan dukungan.

Baca juga -  5 Alasan Kamu Perlu Menyendiri Saat Sedang Dilanda Masalah

6. Gampang marah pada hal-hal sepele
Rasa kesepian kian membuat dirimu merasa tidak berarti dalam hidup. Kamu seperti hidup dalam kesendirian dan keputusasaan. Kondisi seperti ini biasanya tidak dirasakan secara langsung, tapi ditunjukkan atas sebuah perilaku. Salah satu perilaku yang menunjukkan bahwa kamu sedang kesepian dan butuh teman atau dukungan hidup adalah kamu mudah marah pada hal yang sebenarnya sepele.


Itulah enam tanda bahwa kamu sedang merasa kesepian dan butuh dukungan dalam hidupmu. Cobalah untuk membuka dirimu sendiri dan carilah teman yang tulus mau mendengarmu agar rasa kesepian tidak berlarut-larut dalam hidupmu.


You may also like...