Tips Agar Tetap Sehat Sampai Lanjut Usia

Bagikan :

sehat sampai tua, sehat hingga lanjut usia
Gaya hidup sehat adalah adalah sebuah kebutuhan setiap manusia. Oleh sebab itu, setiap orang perlu sejak dini menerapkan dan menjalankannya supaya kesehatannya di usia lanjut tetap terjamin. Untuk itu, seiring bertambahnya umur, kita harus mengendalikan jenis dan jumlah makanan agar kadar gula, kolesterol, dan asam urat dalam darah tetap terjaga. Apa saja yang perlu dilakukan dan disiapkan sejak muda supaya sehat sampai hari tua? Baca terus…

1. Minuman hangat
Coba buatlah sendiri minuman teh hangat setiap sore dari daun teh asli yang berkualitas tinggi. Caranya cukup mudah, siapkan pot teh yang sudah dilengkapi dengan saringan di dalamnya, masukkan 1-2 lembar daun jeruk segar. Tuangkan air panas ke dalam pot, tutup selama 5 menit. Selanjutnya tambahkan daun teh sesuai kebutuhan, dan tutup kembali pot selama 10 menit. Setelah itu minumlah dalam keadaan hangat satu cangkir sehari. Daun teh adalah sumber zat antioksidan yang pada saat ini sangat diperlukan, agar sel tubuh kita tidak gampang rusak. Berhentilah mengonsumsi minuman yang dijual dalam kemasan kotak maupun botol, karena mengandung gula, pengawet, dan bahan kimia lain yang tidak baik untuk kesehatan.

2. Jus buah
Buah yang lezat dibuat jus tak lain adalah alpukat. Selain rasanya yang enak, dengan diberi bahan tambahan lain, alpukat juga kaya akan vitamin dan mineral. Namun, alangkah baiknya jika Anda membuat jus alpukat sendiri di rumah, supaya Anda dapat mengkombinasikan dengan bahan lain sesuai selera yang dikondisikan dengan kesehatan kita. Caranya sangat simpel, belilah buah alpukat segar yang sudah matang, kemudian cuci dan belah menjadi dua bagian. Ambil dagingnya dengan menggunakan sendok dan pindah dalam gelas. Lumat dagingnya dengan bantuan sendok sambil ditambahkan madu satu sendok teh untuk satu buah alpukat. Jika sudah benar-benar hancur seperti bubur, langsung makan. Jangan sampai didinginkan terlebih dahulu, karena hal itu justru tidak baik untuk kesehatan.

3. Aneka sayur
Banyak pilihan sayur yang menyehatkan, dengan syarat harus dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak. Perlu diperhatikan, sayur yang dimasak harus dijaga agar tidak terlalu lama dipanaskan. Mengingat panas menyebabkan kerusakan kandungan zat nutrisi penting dalam sayuran. Alangkah baiknya bila sayur dinikmati sebagai hidangan seperti pecel atau salad. Tapi jangan menuangkan bumbu terlalu banyak, karena hal itu dapat mengurangi kelezatannya. Sayuran kaya akan zat gizi yang di rekomendasikan seperti, daun kenikir, kemangi, dan kelor.

4. Daging, ikan, dan telur
Asupan daging, ikan, dan telur memang perlu memperhatikan usia dan kesehatan secara umum pada masing-masing individu. Karena hal itu menentukan boleh atau tidaknya mengonsumsi jenis makanan-makanan tersebut. Kurangi konsumsi steak daging seiring bertambahnya usia. Sebagai alternatif untuk memenuhi selera, gunakan jumlah daging yang tidak banyak dalam campuran masakan sayur.

Alangkah baiknya konsumsi putih telur, karena sebagai sumber protein. Anda dapat mengonsumsi dua butir telur rebus setiap hari tanpa kuningnya. Sementara itu, kuning telur dapat dikonsumsi 2-3 kali seminggu tergantung kondisi kesehatan. Supaya leat, masaklah putih telur dengan tambahan irisan bawang merah, cabe, dan paprika yang juga baik untuk kesehatan Anda.

5. Herbal
Buatlah minuman dari berbagai bahan herbal yang mudah didapat. Beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk minuman herbal yaitu jati belanda, daun salam, rimpang jahe, temulawak, dan kunyit.


Cara membuat minuman dari daun jati belanda yaitu, ambillah daun jati belanda 2-3 lembar, cuci bersih. Rebus dalam 600 mililiter air dengan api sedang sampai mendidih. Kecilkan api dan lanjutkan panaskan selama 10 menit. Saring, dan minumlah saat hangat dua kali seminggu.

Untuk minuman jahe, ambillah 10-15 centimeter jahe gajah yang berukuran gemuk, keprek, rebus dengan 300-400 mililiter air sampai mendidih, saring, dan minum 250 mililiter 3-4 kali seminggu.

Sedangkan untuk membuat minuman dari campuran temulawak dan kunyit, ambillah semua bahan dalam jumlah sama, kupas, iris tipis, dan rebus dengan 500 mililiter air sampai mendidih. Saring, minumlah setiap tiga kali seminggu.

Sementara itu, untuk membuat minuman herbal dari daun salam, ambil tiga lembar daun, masukkan ke dalam 500 mililiter air, rebus hingga mendidih. Saring, dan minum tiga kali seminggu.

Bagikan :

You may also like...