9 Tips Agar Kamu Lekas Melupakan Mantan Tersayang

9 Tips Agar Kamu Lekas Melupakan Mantan Tersayang

Nggak ada yang lebih sulit daripada mencoba menghapus kenangan tentang mantan dari ingatan, apalagi masih sayang-sayangnya. Meski sudah putus, bayang-bayang mantan masih tetap ada. Kamu masih memimpikannya, sering mengingat semua kenangan indah bersamanya, dsb. Mungkin karena dia sudah kamu anggap sosok yang istimewa, jadi agak sulit melupakannya.

Memang dalam hidup, pasti ada satu sosok mantan yang berbeda dari mantan-mantanmu yang lain. Yang satu ini spesial banget dan sulit dilupakan. Tapi kalau tak segera melupakannya, kamu tak akan pernah merasa lega dan terus saja membanding-bandingkan sosok yang baru dengannya. Sudah saatnya kamu melepas mantan spesialmu dengan sembilan tips ampuh berikut ini.

1. Yang rugi dia, bukan kamu
Berhenti berpikir bahwa kamu sudah kehilangan sosoknya. Anggaplah hal tersebut sebagai keuntungan karena kamu bisa mencari yang lebih baik lagi darinya, masih banyak kok di luar sana. Justru dia lah yang rugi telah kehilangan wanita sehebat kamu! Coba tuliskan hal-hal yang membuatmu bangga pada dirimu sendiri dan baca daftar tersebut setiap hari. You are amazing and beautiful.

2. Pikirkan, apa yang salah dengan hubungan kalian
Ketika sosoknya lewat di pikiranmu, segera ingat-ingat lagi mengapa kalian memutuskan untuk berpisah. Misalnya, dia terlalu egois untuk membangun hubungan yang sehat atau sifat kekanak-kanakannya sudah tak bisa diubah lagi. Pasti banyak kan faktor-faktor yang membuat kalian harus berjalan sendiri-sendiri? Nah, fokuskan ingatanmu pada hal-hal tersebut. Kamu juga bisa meminta bantuan sahabat terpercayamu yang bisa objektif dan melihat permasalahan kalian dari sudut pandang orang luar.

3. Berikan dirimu ruang dan waktu untuk meresapi kesedihan
Kalau sehabis putus kamu langsung sibuk mencari penggantinya dan main keluar dengan teman-temanmu, kamu jadi tak punya kesempatan untuk meresapi kesedihanmu. Kamu memendamnya di dasar hatimu yang paling dalam, tapi tak benar-benar menutup perasaan tersebut sehingga rasanya mustahil untuk move on. Jadi ketika baru putus, menangislah sepuasnya dan hapus kontaknya. Tapi setelah itu harus bangkit lagi ya!

Baca juga :  7 Tips Mengembangkan Persahabatan Seumur Hidup

4. Bawa santai saja
Setelah menangisi hubunganmu, jangan malah terus-terusan mengasihani diri sendiri dan menganggap bahwa hubungan kalian berakhir dengan tragis. Bawa santai saja. Hampir semua orang juga pasti pernah mengalaminya kok, dan mereka semua toh sekarang baik-baik saja. Jadi tak perlu terlalu dramatis dan jadi trauma dengan cowok-cowok hanya karena satu pengalaman burukmu dengan si mantan.

5. Cari kesibukan lain
Isi hidupmu dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan berguna. Cobalah hobi baru atau ikut kursus keterampilan. Kalau kamu belum sepenuhnya siap, jangan mencari pengganti sang mantan dulu, ya. Nanti ia hanya akan jadi pelampiasanmu saja. Kamu boleh patah hati, tapi bukan berarti kamu berhak menyakiti hati orang lain lho. Lebih baik cari kegiatan yang akan membuatmu berkembang.

6. Stop memikirkan kemungkinan yang tak realistis
“Coba saja kita masih bersama, mungkin aku akan bersikap lebih lunak lagi padanya,” atau “Mungkin kalau aku lebih pandai berdandan ia mau balikan lagi,”. Tidak, tidak, tidak, dan tidak. Kalian putus bukan tanpa alasan, jadi berhentilah menyesali apa yang sudah terjadi dan memikirkan segala hal yang tak mungkin.

7. Jangan membandingkan diri dengan orang lain
Kamu punya kelebihan dan kekurangan yang unik, begitu pula orang lain. Jadi misalnya mantanmu sudah punya gandengan baru, jangan membanding-bandingkan dirimu dengan si cewek barunya karena kamu hanya akan merasa kesal saja. Atau saat melihat teman-temanmu bersama pacar mereka sungguh berbahagia, percayalah bahwa kamu hanya melihat apa yang ada di permukaan saja.

8. Terima kenyataan, kamu tak bisa mengendalikan segalanya
Ada hal-hal dalam hidupmu yang sudah digariskan sedemikian rupa, tak peduli apa yang sudah kamu lakukan. Terimalah hal ini, hubungan kalian sudah ditakdirkan untuk berakhir. Tapi ini juga berarti bahwa di masa depan garis takdirmu sudah diukir lebih indah lagi dari saat ini. Mungkin kamu belum bisa melihat hikmahnya saat ini, tapi kamu justru paling banyak belajar dari pengalaman yang paling pahit.

Baca juga :  5 Cara Mengakhiri Hubungan Secara Baik-Baik

9. Hidupmu akan baik-baik saja setelah ini
Kata siapa kamu tak bisa hidup tanpa si mantan? Buktinya sebelum bertemu dengannya kamu juga tahu bagaimana caranya menikmati hidup! Kamu masih punya ratusan hal dalam hidupmu yang bisa kamu syukuri misalnya keluarga, pekerjaan, hobi, teman-teman, dan prestasimu.

Dengan menutup satu pintu, sepuluh pintu lainnya masih akan terbuka lebar untukmu. Jadi jangan ragu untuk membuang mantanmu di tempatnya ya, yaitu cukup di masa lalumu saja. Sekarang kamu pun lebih siap menghadapi hari esok dan segala kemungkinan-kemungkinannya!


You may also like...