7 Tips Sederhana Untuk Membangun Stamina Mental

stamina mental, cara meningkatkan stamina

Apakah kamu ingin meningkatkan stamina mental? Pernahkah kamu bertanya-tanya apa langkah-langkah dalam penguasaan mental? Yah, itu bukan sesuatu yang sulit, tetapi ada kebiasaan sederhana yang dapat kamu tanamkan dan ikuti setiap hari di rumah.

Faktor Yang Berperan Meningkatkan Stamina Mental
Ini meliputi hal-hal sederhana yang sering tidak diperhatikan dan diabaikan begitu saja, seperti waktu tidur, makan, atau berolahraga. Percaya atau tidak, ini memiliki dampak besar bagi otak dan stamina mental seseorang. Berikut ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membangun stamina mental.

1. Makan Makanan Yang Tepat
Nutrisi yang tepat adalah kunci untuk meningkatkan stamina mental. Otak memiliki kebutuhan energi dan nutrisi yang besar untuk berfungsi dengan baik. Semua tidak akan terpenuhi jika kamu tidak mengambil nutrisi yang cukup. “Diet otak yang sehat” termasuk protein dan zat besi. Kamu juga harus menghindari gula olahan dan mengonsumsi multivitamin setiap hari.


Sertakan almond, blueberry dan walnut dalam makanan harianmu karena memiliki banyak manfaat bagi otak. Menurut para ahli otak, makanan ini bekerja dengan menurunkan gula darah dan dapat meningkatkan kognisi. Para ahli mengaitkan manfaat kesehatan makanan ini dengan sejumlah besar asam lemak omega-3, dan sejumlah antioksidan yang baik dalam blueberry.

2. Tidur Yang Cukup
Otak butuh istirahat. Selama tidur, otak mendapat “waktu bernilai” yang digunakannya untuk membangun kembali jaringan sarafnya dan melakukan pembersihan mental. Kehilangan waktu tidur berarti menghilangkan waktu penyembuhan ini. Dan tentu saja memengaruhi stamina mental serta produktivitas seseorang.

3. Olahraga Adalah Kunci
Istirahat dan olahraga, keduanya sangat penting bagi otak, inilah cara meningkatkan stamina mental. Itu sebabnya, para ahli menyarankan untuk berolahraga setiap hari setidaknya selama 30 menit setiap hari. Ini bukan hanya bekerja pada otot tubuh kita tetapi juga membuat otak kita bekerja pada kapasitas optimalnya.

Baca juga :  5 Cara Meringankan Stres Setelah Hari yang Melelahkan


Bahkan, 5 menit berjalan kaki mengitari gedung kantor dapat meningkatkan stamina otak kamu secara substansial. Berolahraga di luar ruangan memiliki lebih banyak manfaat bagi otak daripada berolahraga di rumah.

4. Kelola Stres
Kita semua telah mendengar tentang efek stres bisa melemahkan pikiran dan tubuh kita. Stres adalah penekan utama ‘mental’.


Saran terbaik, beralihlah latihan visualisasi untuk menjinakkan stres. Yang harus kamu lakukan adalah membayangkan berada di tempat yang menenangkan setiap kali stres menyerang. Ini akan memiliki efek meningkatkan stamina otak.

5. Permainan Asah Otak
Untuk meningkatkan stamina otak, sertakan game yang membutuhkan konsentrasi, seperti catur. Scrabble, Monopoli dan Solitaire juga berfungsi dengan baik karena membutuhkan strategi, analisis, dan daya tahan. Ini juga bisa bekerja untuk meningkatkan stamina mental. Tapi, pastikan agar jangan sampai kecanduan video game. Karena dampaknya akan lebih merusak daripada kebaikannya.

6. Meditasi
Sering-seringlah bermeditasi. Yang harus kamu lakukan hanyalah duduk di ruangan yang tenang dan mengosongkan pikiran saja. Ya, agak sulit awalnya berlatih. Tapi, akan menjadi lebih mudah seiring waktu. Cara ini membantu menenangkan pikiran dan juga menjaga pikiran tetap sehat.

7. Berlatih Pernapasan Dalam
Pernapasan dalam mampu mengisi paru-paru kita dengan pasokan oksigen yang dapat meningkatkan fungsi otak. Latihan pernapasan dalam yang teratur sangat baik untuk meningkatkan stamina dan ketajaman mental. Ini sekaligus menenangkan pikiran dan juga meningkatkan stamina mental.

Jangan pernah beralih ke obat-obatan dijual bebas, yang mengklaim dapat membantu meningkatkan stamina mental. Kemungkinan efeknya lebih buruk daripada baiknya.


Jalan menuju pikiran yang jernih hanyalah menjalani hidup disiplin, kontrol pikiran, dan makan dengan benar. Isi pikiran kamu dengan pikiran positif, karena kepositifan adalah tonik otak yang hebat! Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah tersebut mulai hari ini untuk kehidupan yang lebih sehat!

Baca juga :  5 Tips yang Akan Membantu Anda Menemukan Tujuan Hidup

You may also like...